Lindungi Kekayaan Alamnya, Pemkab Ini Sikat #TambangEmas Ilegal

ilustrasi
GURGUR ONLINE -- Aktivitas penambangan emas secara liar pada sejumlah titik di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, dilaporkan kini mulai sepi. Para penambang tak lagi ditemukan di lokasi yang biasanya selalu ramai itu. Kondisi ini merupakan dampak langsung dari ketegasan Polres bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melakukan penindakan terhadap para penambang liar di daerah itu.

Sebagaimana pernah dilaporkan, akhir Maret lalu tim dari Polres dan Pemkab Nagan Raya bersama-sama turun ke sejumlah titik penambangan. Saat itu tak lagi ditemukan adanya aktivitas penambangan liar, terutama di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Nagan, Kecamatan Beutong.

Ketika dilakukan penelusuran ulang dua hari lalu, hasilnya juga sama. Ini mengindikasikan para penambang liar mulai gentar melakukan aktivitas seperti dulu karena sewaktu-waktu bisa saja dipergoki dan ditangkap oleh aparat kepolisian.

“Saya telah datang sendiri ke lokasi tersebut bersama bupati untuk mengecek lokasi penambangan liar. Di sana sudah tak ada lagi aktivitas, misalnya di kawasan Krueng Cut, Blang Leumak, Paya Reugen, dan Panton Bayam, Kecamatan Beutong,” ungkap Kapolres Nagan Raya, AKBP Giyarto kepada Serambi, Rabu (4/4).

Menurutnya, jika ada pihak yang masih nekat melakukan penambangan emas liar di kawasan Beutong, maka polisi akan menangkapnya, sebab aktivitas tersebut sebelumnya telah dihentikan agar tak terus-menerus merusak lingkungan.

Kapolres menambahkan, saat turun ke lokasi-lokasi penambangan liar tersebut, ia bersama Bupati Nagan Raya, M Jamin Idham dan tim lainnya tidak menemukan jejak penambang ilegal di kawasan Beutong. Tim gabungan itu juga tak menemukan sama sekali jejak baru alat berat di kawasan tersebut, sehingga pihaknya semakin yakin bahwa saat ini lokasi tambang emas di Nagan memang sudah sepi dan tak ada lagi aktivitas penambangan emas. “Jika ada, pasti akan kami tangkap,” tegas Kapolres Nagan Raya. (sumber)

Share this:

 
Copyright © Berita Borbor. Designed by OddThemes